by

Ketua KONI Kota Batu: Berani Berlaga Berani Juara Menuju Batu 10

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu saat menggelar kegiatan acara jumpa pers

Beritamalang.media – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur sudah di depan mata. Perhelatan olahraga ini rencananya akan diselenggarakan di empat kota, yakni Jember, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo pada 25 Juni – 3 Juli 2022 mendatang.

Berbagai persiapan untuk menyambut pekan olahraga ini sudah dilaksanakan oleh KONI Kota Batu, termasuk didalamnya sudah ada target prestasi yang akan dikejar oleh KONI Kota Batu.

Berkaitan dengan hal tersebut, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu menggelar kegiatan acara jumpa pers di ruang pertemuan kantor KONI Kota Batu, Jalan Sultan Agung, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu pada Jumat (10/6/2022) pagi.

Ketua Umum KONI Kota Batu, Drs Mahfud menyampaikan, jika para atlet berani berlaga untuk menjadi juara pada PORPROV Jatim 2022 mendatang.

“Setelah pelaksanaannya sempat tertunda selama satu tahun, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur rencananya akan digelar KONI Provinsi Jawa Timur pada 25 Juni hingga 3 Juli 2022 mendatang,” kata Mahfud.

Pihaknya mengungkapkan, sebanyak 47 Cabang Olahraga (Cabor) akan dipertandingkan dalam Porprov Jatim kali ini.

“Ya, dari jumlah tersebut, Kota Batu mengirimkan 231 atlet (117 putra dan 114 putri) dari 27 cabang olahraga, 70 pelatih (62 putra dan 8 putri) dan 40 orang official non teknis,” ungkapnya.

Menurut, Mahfud hal itu guna mempersiapkan para atlet yang akan berlaga agar meraih prestasi dalam Porprov VII tahun 2022 ini, berbagai hal jauh hari sudah dilaksanakan oleh pengurus KONI Kota Batu.

“Usai Porprov VII 2019, KONI Kota Batu langsung melakukan Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) KONI Kota Batu ring 1. Peserta puslatkot ini adalah peraih medali dalam Porprov VI yang masih memenuhi persyaratan untuk menjadi peserta Porprov VII 2022,” imbuhnya.

Pihaknya menyebut, jika saat ini jumlah atlet Puslatkot bertambah seiring dengan proses seleksi Porprov yang dilaksanakan oleh masing-masing cabang olahraga.

“Tidak hanya melakukan pemusatan latihan, KONI juga bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Kedokteran (FIK) Universitas Negeri Malang (UM), untuk melaksanakan sport science. Secara berkala dilakukan tes pengukuran dan tes VO2MAX kepada para atlet,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Mahfud, KONI juga menggelar pelatihan pelatih untuk memberikan penyegaran penyusunan program latihan, kemudian memadukan dengan hasil tes atlet yang dilakukan oleh FIK UM.

“Tidak hanya itu, KONI Kota Batu juga bekerja sama dengan KONI Badung Bali dalam hal sparing partner, di mana kedua daerah ini saling mengirimkan atletnya untuk berlatih tanding bersama. Jadi, persiapan akomodasi atlet untuk berangkat Porprov Jatim 2022 sudah mencapai 99 persen, mulai dari
persiapan akomodasi hotel, konsumsi hingga pemberangkatan atlet,” bebernya.

lebih lanjut, Mahfud, jelaskan dalam memantapkan kesiapan para atlet untuk bertanding, KONI Kota Batu akan menggelar kegiatan Character Building agar memotivasi atlet dan menguatkan mental bertandingnya.

“Kegiatan dilaksanakan di GOR Gajahmada Kota Batu pada Minggu, 12 Juni 2022. Keberangkatan para atlet akan dilaksanakan pada Sabtu, 18 Juni 2022. Pada hari itu akan dilaksanakan Upacara Pengukuhan dan Pelepasan Atlet oleh Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, MSi. Mohon doa restu kepada seluruh masyarakat Kota Batu, agar para atlet diberikan kemudahan meraih
prestasi di Porprov VII Jatim tahun 2022,” pungkasnya.

Dalam Porprov 2022 ini Kontingen Kota Batu menggunakan jargon “Berani Berlaga, Berani Juara” untuk mencapai target “Menuju Batu 10” dengan meraih prestasi 10 medali emas atau peringkat 10 Porprov 2022.

Sebagai informasi, para atlet yang akan berlaga pada Porprov Jatim di beberapa cabor, diantaranya ada Atletik 6 atlet putra semua venue Jember, Balap Sepeda 4 atlet 3 putra 1 putri venue Lumajang, Biliar 7 Atlet 3 putra 4 putri venue Lumajang, Bola Basket 8 atlet 4 putra 4 putri venue Jember, Bola Voli indoor 14 atlet 14 putri venue Jember, Bridge 11 atlet 5 putra 6 putri venue Lumajang, Catur 1 atlet putra venue Bondowoso, Dance Sport 17 atlet 1 putra 16 putri venue Jember, Drumband 25 atlet 12 putra 13 putri venue Jember, Futsal 36 atlet 18 putra 18 putri venue Jember.

Kemudian juga ada Gulat 9 atlet 7 putra 2 putri venue Lumajang, Jujitsu 4 atlet putra venue Lumajang, Karate 9 atlet 5 putra 4 putri venue Bondowoso, Menembak 5 atlet 2 putra 3 putri venue Bondowoso, Panjat tebing 1 atlet putri venue Situbondo, Paralayang 7 atlet 4 putra 3 putri venue Lumajang, Pencak Silat 1 atlet putra venue Lumajang, Renang 2 atlet putra venue Jember, Selam 9 atlet 6 putra 3 putri venue Lumajang, Taekwondo 3 atlet 1 putra 2 putri venue Bondowoso, Tarung Derajat 10 atlet 8 putra 2 putri venue Jember, Tenis lapangan 2 atlet 2 putri venue Jember.

Selanjutnya, juga ada Tenis Meja 4 atlet 4 putri venue Bondowoso, Tinju 8 atlet 6 putra 2 putri Venue Bondowoso, Wushu 15 atlet 8 putra 6 putri venue Jember, BMX 2 atlet 2 putri venue Jember, Voli Pantai 6 atlet 6 putra venue Situbondo. (ris)

News Feed